Cumi cumi dan hasil rantauannya


Japanese,,
Januari 23, 2009, 3:47 pm
Filed under: serius | Tag: , , ,

Bisa ngitung apa aja barang ‘made in Japan’ di sekitar kita? Udah pasti berkurang karena sekarang banyak banget barang-barang bagus dari negara lain. Tapi nama ‘Made in Japan’ sekarang terdengar sangat classy. 

kalo balik ke tahun 90-an awal, masih sempet orang mencari LD player (lupa ya? Laser Disc Player. itu lo yang CD-nya segede pizza ;)) masih pengen barang-barang dari jerman, seperti Pioneer.

Tapi di luar kepiawaian dalam teknologi, ada juga beberapa hal yang unik di negara matahari terbit itu. Kreativitas dan originalitas bener-bener hal yang menonjol. Kalo mengingat acara-acara televisi berbau Jepang dengan tema adu kreativitas tampil di panggung dan disiarkan di TV, kadang ada sekumpulan orang untuk membuat aliran ombak, atau kadang hanya dimainkan 2 orang tetapi bisa menceritakan sebuah situasi rumah tangga.

Seingat cumi-cumi ketika masih berenang di daerah Hiroshima,di daerah selatan daratan negara itu, originalitas bahkan tercermin dari setiap warung mie. Loh kok warung mie? Karena ternyata setiap warung mie membuat sendiri adonan mie, dan bahkan kaldunya-pun diracik sendiri dengan resep rahasia keluarga.

Senioritas, agak feodalis, agak tertutup. Mungkin memang ngga semua hal-hal harus diikutin. Kreatif, basis kultural dan tradisi yang kuat. Mungkin bisa jadi inspirasi. Tapi mungkin semua itu udah ada di kita?

Iklan